Categories Umum

Penyebab Pori Wajah Besar dan Cara untuk Mengatasinya

Penyebab pori wajah besar ada beragam, bisa dari faktor internal dan eksternal. Memang pori besar tidak mengganggu kesehatan, namun bisa mengganggu penampilan seseorang dan bahkan membuat rasa percaya diri jadi menurun. Bagi anda yang memiliki pori wajah besar bisa menyimak pembahasan ini hingga usai mengenai penyebabnya dan cara untuk mengatasinya.

Pori-pori adalah bagian dari struktur kulit, pori merupakan lubang kecil di bagian atas rambut. Layaknya bagian tubuh yang lain, pori juga punya peran penting yaitu melepaskan sebum sehingga menjaga kulit kita tetap lembab dan menjadi tempat tumbuhnya rambut di kulit kita.

Beberapa masalah kulit ternyata disebabkan oleh pori yang membesar. Maka dari itu anda perlu mengetahui penyebab pori wajah besar dan cara untuk mengatasinya.

Apa Penyebab Pori-pori Besar?

Ada dua faktor yang menyebabkan pori wajah besar, yaitu faktor internal dan eksternal. Untuk lebih lengkapnya anda bisa menyimak di bawah ini.

Faktor Internal

1. Genetik

Penyebab dari faktor internal seperti genetik. Jadi kalau orang tua anda memiliki pori yang besar, maka kemungkinan anda memiliki pori wajah besar juga tinggi. Inilah faktor genetik penyebab pori wajah besar.

2. Hormon

Berubahnya hormon di tubuh kita dapat menyebabkan pori kulit membesar. Seperti saat menstruasi, ketika ovulasi maka hormon akan meningkat drastis hal tersebut menyebabkan pori wajah besar. Tapi kondisi pori akan kembali seperti semula jika hormon telah normal.

3. Usia

Usia sangat mempengaruhi ukuran pori kita, seiring dengan berjalannya waktu maka usia pun bertambah. Pertambahan usia ini membuat produksi kolagen dan elastin alami kulit jadi berkurang sehingga kulit lebih kendur, kering, dan pori pun nampak lebih besar.

Faktor Eksternal

Selain faktor internal, ada juga faktor eksternal yang menyebabkan pori wajah besar, seperti yang ada di bawah ini:

1. Pori-pori yang Tersumbat

Penggunaan produk comedogenic bisa menyebabkan pori wajah tersumbat. Sebelumnya apakah anda pernah mendengar tentang produk wajah non-comedogenic dan comedogenic? Nah, istilah tersebut biasanya digunakan pada makeup dan produk perawatan kulit. Pori wajah akan tersumbat jika anda menggunakan produk comedogenic. Sedangkan produk non-comedogenic tidak menyebabkan pori tersumbat.

Untuk mencegah tersumbatnya pori di wajah, sangat disarankan untuk memilih produk yang non-comedigenic.

2. Paparan Sinar UV

Paparan sinar UV nyatanya bisa membuat kondisi pori lebih membesar. Paparan sinar UVA dan UVB menyebabkan berbagai masalah kulit seperti penuaan dini, hiperpigmentasi, dan juga pori wajah membesar. Ini dikarenakan sinar UV yang menyebabkan produksi elastin dan kolagen melambat, keduanya mempunyai peranan penting untuk menjaga kesehatan kulit kita.

3. Tidak Melakukan Double Cleansing

Jangan lewatkan melakukan double cleansing untuk mengangkat sisa makeup, kotoran, dan debu yang menempel di wajah. Double cleansing sangat penting agar memastikan wajah benar-benar bersih dan kotoran tidak menyumbat pori. Kotoran yang tertinggal bisa membuat pori membesar, jadi akan lebih baik melakukan double cleansing setiap hari.

4. Menggosok Wajah Terlalu Kasar

Kebiasaan ini sering dilakukan oleh banyak orang, padahal menggosok wajah terlalu kasar membuat pori lebih membesar. Biasanya menggosok wajah terlalu kasar ini terjadi ketika double cleansing, mengeringkan wajah dengan handuk, atau sebagainya. Jika sedang mengeringkan wajah, sebaiknya lakukan dengan gerakan lembut.

5. Konsumsi Makanan Berlemak

Kalau anda sering mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak tentu akan sangat mempengaruhi keadaan pori wajah anda. Mengonsumsi makanan tersebut meningkatkan produksi minyak di wajah menjadikan pori mudah tersumbat dan ukurannya pun membesar. Kurangi atau hindari makanan berminyak dan berlemak, beralih ke makanan sehat dan bergizi adalah pilihan yang terbaik.

Cara Mengatasi Pori-pori Besar

Anda sudah mengetahui penyebab pori wajah besar, dan di poin ini akan kami jelaskan mengenai cara untuk mengatasi pori wajah besar, di antaranya sebagai berikut:

1. Double Cleansing

Menempelnya debu, kotoran, dan makeup di wajah menyebabkan pori tersumbat. Membersihkan wajah dengan facial wash saja tidak cukup sehingga anda butuh double cleansing. Lakukan double cleansing dengan diawali micellar water / cleansing oil / cleansing balm, kemudian lanjutkan dengan facial wash yang sesuai jenis kulit anda. Lakukan double cleansing ketika malam hari sebelum penggunaan skincare berikutnya.

2. Gunakan Sunscreen

Kehadiran sunscreen sangat penting untuk mengatasi pori wajah besar. Seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa paparan sinar UVA dan UVB memberikan dampak buruk untuk kulit, seperti penyebab pori wajah besar. Rutin gunakan sunscreen setiap harinya untuk menghindari pori membesar akibat sinar UV. Pilih sunscreen dengan formula non-comedogenic.

3. Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah

Hentikan kebiasaan yang satu ini, menyentuh wajah dengan tangan kotor malah menyebabkan masalah kulit seperti jerawat dan pori membesar. Kondisi tangan yang kotor dan langsung menyentuh wajah menyebabkan bakteri, kuman, dan debu berpindah ke wajah sehingga pori tersumbat dan tampilannya lebih besar.

4. Eksfoliasi Secara Rutin

Eksfoliasi sangat penting untuk membersihkan sel-sel kulit mati pada wajah. Sel-sel kulit mati yang dibiarkan bisa menyumbat pori sehingga tampilannya lebih besar. Eksfoliasi bisa dilakukan rutin setidaknya 1 – 2 kali dalam seminggu ya. Dan sesuaikan jenis eksfoliasi dengan jenis kulit anda.

5. Jangan Gunakan Produk Comedogenic

Hindari penggunaan produk comedogenic yang menyumbat pori, produk tersebut tidak hanya membuat tampilan pori membesar namun juga menyebabkan komedo hingga jerawat. Beberapa kandungan comedogenic yang perlu dihindari seperti almond oil, shea butter, coconut oil, dan sebagainya.

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *