Categories Internet

Tips Menggunakan Internet dengan Bijak

Tips menggunakan internet wajib diterapkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, karena internet sendiri bisa membuat seseorang kecanduan. Pada era digital sekarang ini, perkembangan teknologi dari hari ke hari semakin pesat ya. Berbagai informasi bisa dengan mudah didapat dari sejumlah platform media sosial, seperti Twitter, Facebook, Instagram, Telagram, dan platform lainnya.

Berbeda dengan zaman dahulu, dengan kurangnya akses internet membuat semua orang kesulitan dalam mencari informasi ataupun ilmu pengetahuan. Sedangkan pada era sekarang ini, semua orang bisa dengan sangat mudah mengakses apapun. Terlepas dari itu, muncul lah berbagai masalah. Terebih lagi untuk kaum milenial, yang di mana apabila salah dalam memanfaatkan dan mengakses internet, dapat menjerumuskan diri sendiri pada hal-hal buruk dan berbahaya.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena tidak semua informasi bisa dengan mudah dipercayai kebenarannya. Tidak sedikit pula oknum-oknum yang dengan sengaja membuat ataupun menyebarkan berita yang tidak sesuai dengan kebenarannya. Itu sebabnya, semua orang dituntut untuk lebih bijak lagi dalam menggunakan internet.

Tips Menggunakan Internet dengan Bijak

Di bawah ini ada beberapa cara bijak dalam menggunakan internet, antara lain:

1. Carilah Konten Yang Positif

Internet juga bisa menjadi bumerang untuk diri sendiri. Jika kamu mengakses internet untuk suatu hal yang positif, maka akan berdampak positif juga bagi diri sendiri. Namun sebaliknya, jika yang di akses adalah hal-hal negatif, maka akan berdampak negatif juga pada diri sendiri.

Mulailah dengan mencari hal-hal yang bermanfaat, seperti cara untuk menjaga kesehatan, konten belajar, tutorial, dan lainnya. Jangan sampai apa yang didapatkan dari internet adalah hal-hal yang tidak bermanfaat bagi diri sendiri, atau bahkan bisa merusak masa depan.

2. Bijaklah Memilih Berita

Setiap hari, media sosial memberikan berita-berita yang di dalamnya terdapat berbagai permasalahan kehidupan. Pastinya tidak semua informasi bisa di terima dengan mudah begitu saja, karena mungkin saja ada beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang dengan sengaja membuat atau menyebarkan berita palsu atau yang biasa disebut dengan berita hoax.

Semua berita yang dibaca perlu diteliti terlebih dahulu dan dicari bukti kebenarannya agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dan fitnah pada masyarakat sekitar.

3. Jadikan Internet Untuk Sarana Belajar

Belajar di era masa kini sudah tidak begitu sulit. Berbagai media sosial telah menyediakan beberapa sarana untuk belajar secara daring, seperti dengan melalui aplikasi Zoom Meeting, YouTube, Google Classroom dan masih banyak lagi aplikasi lainnya.

Khususnya untuk para pelajar, mulai dari anak-anak, remaja, atau bahkan mahasiswa pun juga dapat mengasah kemampuan berpikir mereka dan lebih meningkatkan lagi intelektualitas mereka melalui media internet yang telah disediakan. Tentunya kita juga diharuskan selektif dalam mencari informasi maupun ilmu pengetahuan yang ingin diambil melalui sumber-sumber yang terpercaya dan aktual.

4. Lebih Produktif Dengan Internet

Pada era ini, internet juga telah banyak menyediakan peluang usaha. di berbagai media massa juga sudah ada banyak yang menawarkan kesempatan untuk mencari pekerjaan di bidangnya masing-masing. Dengan dimudahkannya akses dan sarana, kini sudah banyak orang dapat menghasilkan uang jutaan rupiah di setiap bulannya, dan bahkan ada pula per harinya.

Semua itu bisa di dapatkan jika kita memanfaatkan akses internet dengan lebih baik dan bijak. Coba mulailah untuk lebih kreatif, produktif, dan inovatif melalui perantara media internet sekarang ini.

Ada banyak cara agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan melalui internet, termasuk dengan menulis, jual beli online, menjadi konten creator, dan lain sebagainya.

5. Tebarkanlah Manfaat Kepada Orang Lain

Pada akhirnya, disaat kita sudah mulai bisa menggunakan internet dengan baik dan bijak, maka dari itu sebarkanlah manfaat sebanyak mungkin melalui konten-konten yang sudah dibuat, ataupun hal-hal positif lainnya.

Jangan sampai internet ini menjadi bumerang yang dapat melukai diri kamu sendiri atau bahkan menjadi hal buruk bagi masa depan kamu, karena apa yang dibaca dan dipahami itulah yang akan masuk ke dalam diri. Tapi sebaliknya, jadikanlah internet sebagai sarana untuk berkreasi, berinovasi, dan menyebarkan kebaikan kepada semua orang.

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *